MATA
KULIAH : KONSEP KEBIDANAN
KODE
MATA KULIAH : BD.401
BEBAN
STUDI : 4 SKS (T : 2, P : 2)
PENEMPATAN : SEMESTER I
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada
mahasiswa untuk memahami Konsep Kebidanan dengan pokok bahasan : Filosofi dan
konseptual Kebidanan, paradigma asuhan Kebidanan, Metodologi asuhan kebidanan
model dan teori dalam praktek kebidanan, peran dan fungsi bidan, konsep profesi
bidan sebagai tenaga profesional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan
secara nasional dan internasional, pengembangan karir dan sistem penghargaan
bagi bidan.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Menjelaskan
pengertian, filosofi dan definisi bidan
2.
Menjelaskan
perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan
internasional
3.
Menjelaskan paradigma asuhan
kebidanan
4.
Menjelaskan peran fungsi bidan
5.
Menjelaskan
teori dan model konseptual asuhan
kebidanan
6.
Menggunakan
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan
7.
Menjelaskan sistem penghargaan
8.
Menjelaskan prinsip
pengembangan karir bidan
C. PROSES PEMBELAJARAN
T: Dilaksanakan
di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
P: Dilaksanakan di kelas,
laboratorium (baik di kampus maupun dilahan praktek) dengan menggunakan metoda
simulasi, demontrasi, role play dan bed side teaching.
D. EVALUASI
Teori
1.
UTS : 20 %
2.
UAS : Akhir semester : 20 %
3.
Seminar : 10 %
Praktikum : 50 %
E. BUKU SUMBER
Buku Utama
1.
Bryar. R (1995), theory for
Midwifery Practie Edisi I, Macmillan, Houndmillo
2.
Varney, H (1997), Varney’s Midwifery
Jones and Bartlett Publishers, Sudbury,
Massachusetts, USA
3.
Pyne, RH (1992), profesional
disiplin in Nursing, Midwifery and Health Visiting, edisi 2, Balack well
Scientifik, London
Buku Anjuran
1.
Sweet, Br (2000). Mayes’
Midwifery A Text Book for Midwives, Twelfth Edition, Bailere, tindall-London
2.
Konsep Kebidanan Depkes RI
3.
51 tahun IBI
RINCIAN KEGIATAN Bd.401
No.
|
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS
|
POKOK/SUB POKOK BAHASAN |
WAKTU
|
SUMBER
|
||
T
|
P
|
K
|
||||
1.
|
Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat :
Menjelaskan pengertian filosofi dan
definisi bidan
|
1.1. Pengertian filosofi dan definisi bidan.
1.1.1.
Falsafah asuhan kebidanan
1.1.2.
Definisi bidan
1.1.3.
Pelayanan kebidanan
1.1.4.
Praktik kebidanan
1.1.5.
Asuhan kebidanan
|
2
jam
|
|
|
BU. 1, 2
|
2.
|
Menjelaskan perkembangan profesi,
pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
|
2.1. Sejarah perkembangan pelayanan dan
pendidikan kebidanan
2.1.1.
Perkembangan di luar negeri
2.1.2.
Perkembangan di dalam negeri
|
4
jam
|
4
jam
|
|
BU. 2
BA. 2, 3
|
3.
|
Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
|
3.1.
Paradigma asuhan kebidanan
3.1.1.
Pengertian paradigma
3.1.2.
Komponen paradigma kebidanan
-
Manusia
-
Lingkungan
-
Kesehatan
-
Kebidanan
3.1.3.
Macam-macam asuhan kebidanan
3.1.4. Manfaat paradigma dikaitkan dengan
asuhan kebidanan
|
2
jam
|
4
jam
|
|
BU. 2
|
4.
|
Mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
|
4.1. Kebidanan sebagai profesi
4.1.1. Profesi
Bidan
4.1.2. Profesionalisme
|
2
jam
|
|
|
|
5.
|
Menjelaskan peran fungsi bidan
|
5.1. Peran fungsi bidan
5.2. Praktek profesional bidan
|
4
jam
|
2
jam
|
|
BU 1
BA 1, 2
|
6.
|
Menjelaskan
teori dan model konseptual asuhan kebidanan
|
6.1. Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam
teori Kebidanan.
6.1.1.
Reva rubin
6.1.2.
Ramana
6.1.3.
Ela Joy Lehrman
6.1.4.
Ernestine
6.1.5.
Jen Ball
6.2.
Model konseptual asuhan
kebidanan
6.2.1.
Midwifery care
6.2.2.
Paradigma sehat
|
4
jam
|
12 jam
|
|
BA 1
|
7.
|
Menggunakan
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan
|
7.1. Manajemen kebidanan
7.1.1. Konsep dan prinsip manajemen pada
umumnya
7.1.2.
Pengertian manajemen
kebidanan
7.1.3.
Langkah-langkah manajemen
kebidanan
7.2. Lingkup praktek kebidanan
7.2.1. Ruang lingkup dan sasaran
7.2.2. Lahan praktek pelayanan kebidanan
7.3. Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
7.3.1. Pelayanan mandiri
7.3.2. Kolaborasi
7.3.3. Rujukan
|
8
jam
|
10 jam
|
|
BU 2
BA 2, 3
|
8.
|
Menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan
|
8.1. Sistem penghargaan bagi bidan
8.1.1.
Reward
8.1.2.
Sanksi
|
2
jam
|
8 jam
|
|
BA 3
|
9.
|
Menjelaskan prinsip pengembangan karir
bidan
|
9.1. Prinsip pengembangan karir bidan
9.1.1.
Pendidikan lanjut
9.1.2.
Job fungsional
9.1.3. Prinsip pengembangan karier Bidan
dikaitkan dengan peran, fungsi dan tanggung jawab bidan
9.2.
Proses berubah
9.2.1.
Pengertian
9.2.2.
Macam-macam perubahan
9.2.3.
Ciri-ciri perubahan
9.3.
Pemasaran sosial jasa asuhan
kebidanan
|
4
jam
|
24 jam
|
|
BA 3
|
|
|
JUMLAH
|
32 jam
|
64 jam
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar