Sabtu, 11 Mei 2013

GBPP Konsep Kebidanan



MATA KULIAH                     :   KONSEP KEBIDANAN
KODE MATA KULIAH         :   BD.401
BEBAN STUDI                       :   4 SKS (T : 2, P : 2)
PENEMPATAN                      :   SEMESTER I


A.     DESKRIPSI MATA KULIAH


Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memahami Konsep Kebidanan dengan pokok bahasan : Filosofi dan konseptual Kebidanan, paradigma asuhan Kebidanan, Metodologi asuhan kebidanan model dan teori dalam praktek kebidanan, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan sebagai tenaga profesional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan secara nasional dan internasional, pengembangan karir dan sistem penghargaan bagi bidan.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN


1.        Menjelaskan pengertian, filosofi dan definisi bidan
2.        Menjelaskan perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
3.        Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
4.        Menjelaskan peran fungsi bidan
5.        Menjelaskan teori dan model  konseptual asuhan kebidanan
6.        Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan
7.        Menjelaskan sistem penghargaan
8.        Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan

C.     PROSES PEMBELAJARAN


T: Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan.
P: Dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik di kampus maupun dilahan praktek) dengan menggunakan metoda simulasi, demontrasi, role play dan bed side teaching.








D.     EVALUASI


Teori
1.        UTS                                : 20 %
2.        UAS : Akhir semester   : 20 %
3.        Seminar                         : 10 %

Praktikum : 50 %

E.     BUKU SUMBER


Buku Utama


1.        Bryar. R (1995), theory for Midwifery Practie Edisi I, Macmillan, Houndmillo
2.        Varney, H (1997), Varney’s Midwifery Jones and Bartlett Publishers, Sudbury, Massachusetts, USA
3.        Pyne, RH (1992), profesional disiplin in Nursing, Midwifery and Health Visiting, edisi 2, Balack well Scientifik, London

Buku Anjuran


1.        Sweet, Br (2000). Mayes’ Midwifery A Text Book for Midwives, Twelfth Edition, Bailere, tindall-London
2.        Konsep Kebidanan Depkes RI
3.        51 tahun IBI






RINCIAN KEGIATAN                                                                                                                 Bd.401


No.
TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS

POKOK/SUB POKOK BAHASAN

WAKTU
SUMBER
T
P
K




1.

Pada akhir perkuliahan mahasiswa dapat :

Menjelaskan pengertian filosofi dan definisi bidan





1.1.  Pengertian filosofi dan definisi bidan.
1.1.1.   Falsafah asuhan kebidanan
1.1.2.   Definisi bidan
1.1.3.   Pelayanan kebidanan
1.1.4.   Praktik kebidanan
1.1.5.   Asuhan kebidanan





2 jam






BU. 1, 2
2.
Menjelaskan perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
2.1.  Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan
2.1.1.   Perkembangan di luar negeri
2.1.2.   Perkembangan di dalam negeri

4 jam
4 jam

BU. 2
BA. 2, 3
3.
Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
3.1.  Paradigma asuhan kebidanan
3.1.1.   Pengertian paradigma
3.1.2.   Komponen paradigma kebidanan
-        Manusia
-        Lingkungan
-        Kesehatan
-        Kebidanan
3.1.3.   Macam-macam asuhan kebidanan
3.1.4.   Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan

2 jam
4 jam

BU. 2
4.
Mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
4.1. Kebidanan sebagai profesi
4.1.1. Profesi Bidan
4.1.2. Profesionalisme

2 jam



5.
Menjelaskan peran fungsi bidan
5.1. Peran fungsi bidan
5.2. Praktek profesional bidan

4 jam
2 jam

BU 1
BA 1, 2
6.
Menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1.  Dasar pemikiran, fokus dan tujuan dalam teori Kebidanan.
6.1.1. Reva rubin
6.1.2. Ramana
6.1.3. Ela Joy Lehrman
6.1.4. Ernestine
6.1.5. Jen Ball
6.2.  Model konseptual asuhan kebidanan
6.2.1. Midwifery care
6.2.2. Paradigma sehat

4 jam
12 jam

BA 1
7.
Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktek kebidanan
7.1. Manajemen kebidanan
7.1.1. Konsep dan prinsip manajemen pada umumnya
7.1.2. Pengertian manajemen kebidanan
7.1.3. Langkah-langkah manajemen kebidanan
7.2. Lingkup praktek kebidanan
7.2.1. Ruang lingkup dan sasaran
7.2.2. Lahan praktek pelayanan kebidanan
7.3. Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
7.3.1. Pelayanan mandiri
7.3.2. Kolaborasi
7.3.3. Rujukan

8 jam
10 jam

BU 2
BA 2, 3
8.
Menjelaskan sistem penghargaan bagi bidan

8.1. Sistem penghargaan bagi bidan
8.1.1.  Reward
8.1.2.  Sanksi

2 jam
8 jam

BA 3
9.
Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan

9.1. Prinsip pengembangan karir bidan
9.1.1.   Pendidikan lanjut
9.1.2.   Job fungsional
9.1.3.   Prinsip pengembangan karier Bidan dikaitkan dengan peran, fungsi dan tanggung jawab bidan
9.2.  Proses berubah
9.2.1.   Pengertian
9.2.2.   Macam-macam perubahan
9.2.3.   Ciri-ciri perubahan
9.3.  Pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan

4 jam
24 jam

BA 3


JUMLAH
32 jam
64 jam









Tidak ada komentar:

Poskan Komentar